Apakerah Benar, Gerhana Bulan Ibu Hamil Tidak Boleh Reluar Rumah

Edoschools.comApakah Benar, Gerhana Bulan Ibu Hamil Tidak Boleh Reluar Rumah? Hallo sobat edoschools, kembali dengan admin yang akan selalu memberikan informasi informasi terbaru dan terupdate dari sumber terpercaya. Pada kali ini admin akan memberikan informasi tentang fakta atau tidaknya, ketika gerhana bulan ibu hamil dilarang keluar rumah. Temukan jawabannya di artikel ini.

Gerhan Bulan adalah salah satu fenomena alam yang sangat menakjubkan dan fenomena ini juga sangat langka terjadi, sehingga banyak yang ingin menyaksikan fenomena dari gerhana bulan ini. Sama halnya dengan bulan sabit atau bulan purnama. Banyak ilmuan yang meneliti gerhan bulan yang sering terjadi dan banyak juga mitos-mitos yang beredar di masyarakat.

Banyak masyarakat yang memitoskan ketika adanya gerhana bulan ibu hamil tidak boleh keluar rumah dan juga tidak boleh melakukan aktivitas di rumah selama gerhana berlangsung. Hal ini untuk ibu hamil pasti akan bertanya-tanya benar atau tidaknya mitos tersebut.

Baca Juga: Harga Dan Spesifikasi Hp Realme 8i Terbaru

Hal-hal apa sih, yang membuat ibu hamil tidak boleh keluar rumah ketika gerhana bulan berlangsung. Karena setiap orang ingin sekali menyaksikan fenomena alam tersebut termasuk juga ibu hamil. Berikut ini mitos atau fakta, benarkah gerhana bulan tidak boleh di lihat oleh ibu hamil :

Gerhana Bulan Ibu Hamil

Mengenal Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah saat di mana bumi berada di antara bulan dan matahari. Ketika bumi, bulan, dan matahari berada sejajar, bulan tampak tertutup bayangan bumi. Jadi, terlihat menggelap ketika dilihat manusia dari bumi. Gerhana bulan tidak akan terlalu lama, hanya beberapa menit saja dan selalu memiliki keunikan sendiri ketika gerhana itu berlangsung.

Baca Juga: 20 Tebak-Tebakan Ter-Absrud, Daun Apa Yang Tidak Pernah Gugur?

Bernarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Melihat Gerhana Bulan?

Mitos yang selama ini beredar di kalangan masyarakat adalah ibu hamil tidak boleh melihat gerhana bulan. Dilihat dari kacamata sains, hal ini ada benarnya. Ketika gerhana terjadi, radiasi sinar matahari sangat tinggi.

Ini bisa membahayakan kesehatan mama karena jika terpapar, retina mata bisa rusak. Akan terjadi luka bakar pada retina dan kerusakan batang peka cahaya dan sel kerucut retina. Mama tentu tidak menginginkan hal tersebut bukan?

Puasa Gerhana Bulan

Ada beberapa kepercayaan di dunia ini yang meyakini bahwa ketika gerhana terjadi, seseorang harus melakukan puasa. Mereka dilarang makan atau pun minum selama terjadinya gerhana. Lalu, apakah ibu hamil boleh melakukannya?

Baca Juga: Feetfinder Apk Untuk Android

Pada ibu hamil, sebetulnya disesuaikan dengan kemampuan tubuh masing-masing. Tetapi juga penting untuk mempertimbangkan efek samping yang bisa terjadi akibat berpuasa, misalnya dehidrasi, naiknya tekanan darah, dan pusing.

Efek dari berpuasa ini dapat membahayakan bagi janin. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menjalankannya. Memang semua itu hanya kepercayaan orang yang beradat, mitos atau faktanya itu bisa kembali lagi kepada diri kita masing-masing.

Dilarang Beraktivitas Selama Gerhana

Faktanya, ketika gerhana terjadi, sinar matahari tidak dapat mencapai bumi. Hal ini menyebabkan penurunan suhu. Akibatkan bakteri, mikroba, dan kuman berbahaya akan semakin berkembang biak. Tetapi dampak ini lebih terasa di masa lalu. Di masa kini, saat sudah ada kompor, microwave, dan lemari es, hal ini tidak perlu dirisaukan lagi.

Baca Juga: Harga Dan Spesifikasi Hp Vivo V23e Terbaru

Pada dasarnya, gerhana bulan tidak memiliki efek signifikan pada kehamilan. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah melindungi mata mama dari radiasi selama terjadinya gerhana. Selain itu, tak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Itulah, beberapa fakta gerhana bulan untuk ibu hamil, tidak harus terlalu dikhawatirkan tapi selalu jaga kesehatan bagi janin yang di kandung. Semua mitos-mitos yang terjadi di masyarakat, percaya atau tidaknya di kembalikan lagi diri kita masing-masing. Oh iya hari Jum’at tanggal 19 November 2021 akan terjadi gerhana bulan. Semoga bermanfaat.

Jika anda ingin mencari informasi tentang mitos-mitos yang beredar di masyarakat beradat atau anda juga ingin mencari informasi fakta dari gerhana bulan yang akan terjadi. Disini kami akan sudi memberikan kata kunci untuk anda, agar mengetahui yang ingin anda ketahui.

  • gerhana,
  • gerhana bulan ibu hamil tidak boleh keluar rumah,
  • apakah nanti malam akan terjadi gerhana bulan,
  • benarkah hari ini ada gerhana bulan,
  • jam berapa gerhana bulan 2021,

Penutup

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan bisa admin sampaikan, semoga apa yang admin sampaikan bisa bermanfaat untuk anda. Untuk itu jangan lupa ikuti terus website kami dengan informasi terbaru. Sekian dan Terima Kasih!!!

Gallery for Apakerah Benar, Gerhana Bulan Ibu Hamil Tidak Boleh Reluar Rumah

You May Also Like

About the Author: Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published.