Apa Pengaruh January Effect dalam Trading Saham?

Edoschools.comApa Pengaruh January Effect dalam Trading Saham?Pernahkah Anda mendengar tentang efek Januari? Jika Anda sering berdagang saham, tentu istilah ini sudah sangat akrab di telinga.

Sekuritas Januari adalah fenomena kenaikan harga saham di awal tahun. Sebenarnya, keberadaan efek Januari itu sendiri masih menjadi perdebatan di kalangan pedagang saham.

Beberapa percaya akan adanya fenomena ini, sedangkan sisanya menganggap ini mitos. Namun, jika Anda tertarik untuk mencoba perdagangan saham, maka tidak ada salahnya mempelajari sekuritas sekuritas Januari.

Baca Juga :

Berkenalan Dengan Efek Januari

Efek Januari mengacu pada hipotesis anomali yang terjadi di pasar keuangan, di mana harga saham naik pada awal Januari. Penguatan yang terjadi terkadang bisa lebih kuat dari bulan-bulan lainnya.

Efek dari efek Januari cukup besar, karena banyak pedagang memanfaatkan fenomena ini untuk mendapatkan keuntungan. Umumnya, pedagang akan membeli sejumlah besar saham pada bulan Desember, dengan harapan bahwa harga akan naik beberapa kali pada awal Januari.

Mengapa Efek Januari Terjadi?

Tidak ada yang tahu persis mengapa efek Januari terjadi. Apakah ini benar-benar fenomena nyata, atau hanya dampak dari markup yang dilakukan pada akhir tahun. Namun, ada beberapa teori yang dipertimbangkan untuk menjelaskan mengapa fenomena tahunan ini dapat terjadi. Namun perlu diingat bahwa ini hanyalah asumsi belaka, bukan alasan sebenarnya mengapa efek Januari terjadi.

Pedagang Membeli Aset

Salah satu alasan untuk efek Januari adalah bonus akhir tahun. Beberapa ahli berpendapat bahwa banyak pedagang memanfaatkan bonus akhir tahun mereka untuk membeli saham di pasar.

Jika banyak pelaku pasar membeli, bisa dipastikan harga saham akan naik di bulan Januari, dan inilah yang menyebabkan harga saham naik di awal tahun.

Tidak jarang, pedagang menjual saham berkapitalisasi rendah dengan alasan menghindari pajak di akhir tahun. Kemudian, pada awal tahun mereka membelinya lagi, mengakibatkan kenaikan harga saham.

Ubah Jendela

Selain pedagang yang membeli aset di akhir tahun, masih ada teori lain yang menyebabkan efek Januari terjadi, yaitu window Dressing. Sebagai catatan, window Dressing mengacu pada strategi yang digunakan oleh manajer investasi untuk memperbaiki portofolionya sebelum disajikan kepada klien.

Umumnya, mereka akan menjual saham merugi, kemudian membeli saham harga tinggi pada akhir tahun. Dengan demikian, portofolio aset mereka akan terlihat memiliki pengembalian yang cukup meyakinkan.

Efek Psikologis

Selain dua hal di atas, efek psikologis juga menjadi salah satu alasan mengapa harga saham bisa naik di bulan Januari. Karena beberapa pedagang benar-benar percaya bahwa sekuritas Januari memang ada, mereka membeli saham pada akhir tahun.

Di sisi lain, ada juga pedagang yang membuat resolusi akhir tahun untuk mulai membeli saham di bulan Januari. Ini juga mempengaruhi kenaikan harga saham di awal tahun.

Sejarah pergerakan saham di bulan Januari

Hingga saat ini, pengaruh efek Januari terhadap harga saham masih menjadi perdebatan. Apakah benar bahwa setiap tahun harga naik? Untuk itu, mari kita lihat grafik IHSG di bawah ini.

Grafik ini merupakan rekaman pergerakan indeks saham Indonesia dalam kurun waktu 1 minggu dari tahun 2018 hingga 2022. Untuk mengamati ini, perhatikan saja periode Januari yang ditunjukkan dari kotak hijau dan merah.

Pendapat Ahli Tentang Efek Januari

Diskusi tentang sekuritas sekuritas Januari membuat banyak pedagang Tidak yakin untuk membeli aset pada akhir tahun untuk menjual pada awal tahun. Sebenarnya, Bisakah fenomena ini menjadi acuan untuk mengembangkan strategi trading saham?

Menanggapi hal ini, Burton Malkiel, yang merupakan penulis” A Random Walk Down Wall Street”, mengatakan bahwa anomali semacam itu tidak dapat digunakan sebagai referensi definitif bagi para pedagang yang mengharapkan hasil maksimal.

Dia juga mengatakan bahwa keuntungan yang diperoleh selama Januari sekuritas tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan transaksi.

You May Also Like

About the Author: Deni MP

Leave a Reply

Your email address will not be published.